ORGANISASI KOMPUTER
ORGANISASI KOMPUTER
Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian
yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen
penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer lebih cenderung
pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,
mekanisme I/O.
Struktur dan Fungsi Utama Komputer
Struktur Komputer
Komputer adalah sebuah sistem yang
berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia
luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Terdapat
empat struktur utama:
1. Central
Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat
pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai
processor (prosesor) saja.
2. Memori
Utama , berfungsi sebagai penyimpan data.
3. I/O
(Input/Output) , berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat
lainnya
4. System
Interconnection , merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan
I/O.
Fungsi Komputer
Pada
prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
a. Fungsi Operasi Pengolahan Data
b. Fungsi Operasi Penyimpanan Data
c. Fungsi Operasi Pemindahan Data
d. Fungsi Operasi Kontrol
Dalam pengolahan data,
komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme
penyimpanan data . Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya
komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi
dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data diperlukan antarmuka (
interface ), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya
disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari
remote device, komputer melakukan proses komunikasi data .
Sejarah Singkat
Komputer
Generasi Pertama :
Tabung Vakum (1945 – 1955)
ENIAC
ENIAC
( Electronic Numerical Integrator And Computer ), pada tahun 1946 dirancang dan
dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania
merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia.
ENIAC dibuat di bawah lembaga Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL).
Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan tabel lintasan
peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan oleh kurang lebih
200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan persamaan
matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.
ENIAC
mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000
tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW. Kecepatan operasi
mencapai 5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin
desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetiknya dibuat
dalam bentuk desimal.
Memorinya terdiri atas
20 akumulator, yang masing – masing akumulatornya mampu menampung 10 digit
desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 buah
tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masih manual pemrogramannya,
yaitu dengan menyetel switch – switch, memasang dan menanggalkan kabel –
kabelnya. ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun 1943,
sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik.
John
Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC
pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer
barunya, bernama EDVAC ( Electronic Discrete Variable Computer ) dengan konsep
program tersimpan ( stored- program concept ).
Tahun 1946 komputer
dengan stored-program concept dipublikasikasikan, yang kemudian di kenal dengan
Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies . Struktur komputer
IAS terlihat pada gambar 2.1. Komputer ini terdiri :
a. Memori
Utama , untuk menyimpan data maupun instruksi.
b. Arithmetic
Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner.
c. Control
Unit , untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori
sehingga
adanya eksekusi instruksi tersebut.
d. I/O , untuk berinteraksi dengan lingkungan
luar.
Struktur Komputer IAS
Memori IAS terdiri atas 1.000
lokasi penyimpanan yang disebut word . Word terdiri atas 40 binary digit (bit).
Data maupun instruksi disimpan dalam memori ini, sehingga data maupun instruksi
harus dikodekan dalam bentuk biner. Format memori terlihat pada gambar 2.1
Setiap bilangan terdiri atas sebuah bit tanda dan 39 bit nilai. Sebuah word
terdiri atas 20 bit instruksi dengan masing – masing 8 bit kode operasi( op
code ) dan 12 bit alamat.
Format Memori IAS
Struktur detail komputer IAS
disajikan dalam gambar 2.1 Gambar ini menjelaskan bahwa baik unit kontrol
maupun ALU berisi lokasi – lokasi penyimpanan, yang disebut register , yaitu :
a. Memory
Buffer Register (MBR), berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori
atau digunakan untuk menerima word dari memori.
b. Memory Address Register (MAR), untuk menentukan
alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR.
c. Instruction Register (IR) , berisi instruksi 8
bit kode operasi yang akan dieksekusi.
d. Instruction Buffer Register (IBR), digunakan
untuk penyimpanan sementara instruksi sebelah kanan word di dalam memori.
e. Program Counter (PC) , berisi alamat pasangan
instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori.
f. Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ),
digunakan untuk penyimpanan sementara operand dan hasil ALU. Misalnya, hasil
perkalian 2 buah bilangan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang
paling berarti ( most significant bit ) disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya (
least significant bit ) disimpan dalam MQ. IAS beroperasi secara berulang
membentuk siklus instruksi.
Komputer
IAS memiliki 21 instruksi, yang dapat dikelompokkan seperti berikut ini :
a. Data transfer , memindahkan data di antara
memori dengan register – register ALU atau antara dua register ALU sendiri.
b. Unconditional branch , perintah – perintah
eksekusi percabangan tanpa syarat tertentu.
c. Conditional branch , perintah – perintah eksekusi
percabangan yang memerlukan syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari
percabangan tersebut.
d. Arithmetic, kumpulan operasi – operasi yang
dibentuk oleh ALU.
e. Address Modify, instruksi – instruksi yang
memungkinkan pengubahan alamat saat di komputasi sehingga memungkinkan
fleksibilitas alamat yang tinggi pada program
Strukur Detail Komputer
IAS
Komputer
Komersial
Tahun 1950 dianggap sebagai tahun
kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu
mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM.
Tahun 1947, Eckert dan Mauchly
mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer
secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I (
Universal Automatic Computer ). UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan
sensus tahun 1950 di USA.
UNIVAC II yang memiliki kapasitas
memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan tahun 1950. Mulai
saat itu perusahaan telah mengembangkan produk – produk baru yang kompatibel
dengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap terjaga
menggunakan produknya.
IBM pun tidak mau kalah dengan
mengeluarkan produk mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat
ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi
lebih baik hingga sekarang.
Perancangan Kinerja
Kinerja sebuah sistem komputer
merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU,
memori utama, memori sekunder, bus, peripheral. Dari segi perkembangan program
aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua
sistem komputer saat ini meliputi :
a. Pengolahan
citra
b. Pengenalan
voice atau pembicaraan
c. Video
conference
d. Mulitimedia
e. Transfer data
Yang
menakjubkan lagi adalah dari sudut pandang organisasi dan arsitektur komputer saat
ini adalah mirip dengan komputer IAS yang dibuat sekitar 50 tahun lalu, namun perkembangan
dan kecanggihannya dapat kita rasakan sekarang ini. Peningkatan kinerja mikroprosesor
ini terus berlanjut tidak kenal henti dengan berbagai teknik yang telah dikembangkan,
diantaranya :
a. Branch Prediction, teknik dimana prosesor
memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software dan melakukan prediksi
percabangan atau kelompok instruksi yang akan dieksekusi berikutnya.
b. Data Flow Analysis , prosesor akan menganalisa
instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk
membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
c. Speculative Execution, dengan modal prediksi
cabang dan analisis data, maka prosesor dapat melakukan eksekusi spekulatif
terlebih dahulu sebelum waktunya
Perkembangan
mikroprosesor, dilihat dari kapasitas operasi dan kecepatannya sangatlah pesat.
Perkembangan mikroprosesor ini sulit diimbangi oleh komponen lainnya semisal
memori. Hal ini menimbulkan masalah kesenjangan dan kurang sinkronnya operasi
antar komponen.
Grafik perbandingan
kecepatan mikroprosesor dan memori
Terdapat beberapa metode untuk
mengatasi masalah perbedaan kecepatan operasi antara mikroprosesor dengan
komponen lainnya, diantaranya :
a. Meningkatkan jumlah bit yang dicari pada suatu
saat tertentu dengan melebarkan DRAM dan melebarkan lintasa sistem busnya.
b. Mengubah antarmuka DRAM sehingga lebih efisien
dengan menggunakan teknik cache atau pola buffer lainnya pada keping DRAM.
c. Meningkatkan bandwidth interkoneksi prosesor
dan memori dengan penggunakan hierarki bus –bus yang lebih cepat untuk
buffering dan membuat struktur aliran data.
Bidang
lain yang menjadi fokus kajian peningkatan kinerja sistem komputer adalah penanganan perangkat – perangkat I/O. Masalah
yang terjadi hampir sama dengan memori. Teknik penyelesaian yang digunakan
umumnya adalah teknik buffering dan caching.
Target yang ingin dicapai dalam peningkatan
kinerja adalah tercapainya keseimbangan proses operasi antar komponen –
komponen penyusun komputer sehingga menghasilkan kinerja komputer yang tinggi.
Contoh Evolusi Komputer
Evolusi komputer yang akan
dijelaskan adalah kelompok komputer Pentium Intel dan PowerPC. Alasannya adalah
komputer Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi
menggunakan rancangan CISC ( complex instruction set computers ) dalam arsitekturnya.
Sedangkan PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (
reduced instruction set computers ). Detail tentang CISC dan RISC akan
dijelaskan dalam matakuliah Arsitektur CPU.
Pentium
Pentium merupakan produk Intel yang
mampu mendominasi pasaran prosesor hingga saat ini. Generasi demi generasi diluncurkan ke pasaran dengan kenaikan
unjuk kerja yang menakjubkan dalam
memenuhi kebutuhan konsumennya. Berikut
evolusi prosesor keluaran Intel dari prosesor sederhana sampai prosesor
keluaran saat ini:
a. 8080, keluar tahun 1972 merupakan
mikroprosesor pertama keluaran Intel dengan mesin 8 bit dan bus data ke memori
juga 8 bit. Jumlah instruksinya 66 instruksi dengan kemampuan pengalamatan
16KB.
b. 8086, dikenalkan tahun 1974 adalah
mikroprosesor 16 bit dengan teknologi cache instruksi. Jumlah instruksi
mencapai 111 dan kemampuan pengalamatan ke memori 64KB.
c. 80286, keluar tahun 1982 merupakan
pengembangan dari 8086, kemampuan pengalamatan mencapai 1MB dengan 133
instruksi.
d. 80386, keluar tahun 1985 dengan mesin 32 bit.
Sudah mendukung sistem multitasking. Dengan mesin 32 bitnya, produk ini mampu
menjadi terunggul pada masa itu.
e. 80486, dikenalkan tahun 1989. Kemajuannya pada
teknologi cache memori dan pipelining instruksi. Sudah dilengkapi dengan math
co-processor .
f. Pentium,
dikeluarkan tahun 1993, menggunakan teknologi superscalar sehingga memungkinkan
eksekusi instruksi secara paralel.
g. Pentium
Pro, keluar tahun 1995. Kemajuannya pada peningkatan organisasi superscalar
untuk proses paralel, ditemukan sistem prediksi cabang, analisa aliran data dan
sistem cache memori yang makin canggih.
h. Pentium
II, keluar sekitar tahun 1997 dengan teknologi MMX sehingga mampu menangani kebutuhan
multimedia. Mulai Pentium II telah menggunakan teknologi RISC.
i. Pentium III, terdapat kemampuan instruksi
floating point untuk menangani grafis 3D.
j. Pentium IV, kemampuan floating point dan
multimedia semakin canggih.
k. Itanium, memiliki kemampuan 2 unit floating
point, 4 unit integer, 3 unit pencabangan, internet streaming, 128 interger
register.
Power
PC
Proyek sistem RISC diawali tahun 1975
oleh IBM pada komputer muni seri 801. Seri pertama ini
hanyalah
prototipe, seri komersialnya adalah PC RT yang dikenalkan tahun 1986. Tahun
1990 IBM mengeluarkan generasi berikutnya yaitu IBM RISC System/6000 yang
merupakan mesin RISC superskalar workstation. Setelah ini arsitektur IBM lebih
dikenal sebagai arsitektur POWER.
IBM
menjalin kerja sama dengan Motorola menghasilkan mikroprosesor seri 6800, kemudian
Apple menggunakan keping Motorola dalam Macintoshnya. Saat ini terdapat 4
kelompok PowerPC, yaitu :
•
601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur PowerPC untuk
lebih dikenal masyarakat.
•
603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel. Kelompok ini sama dengan
seri 601 namun lebih murah untuk keperluan efisien.
•
604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer low-end server dan komputer
desktop.
•
620, ditujukan untuk penggunaan high-end server . Mesin dengan arsitektur 64
bit.
•
740/750, seri dengan cache L2.
•
G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat dan menggunakan 8 instruksi paralel.
DAFTAR
PUSTAKA
Carl Hamacher, Zvonko Vranesic dan Safwat Zaky,
“Computer Organization”, 5th Edition, McGrawHill.
Purwantri, Arum Tri Iswari. 2014. Organisasi dan
Arsitektur Komputer. Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
William Stalling, 2008, “Computer Architecture and
Organization”, 7 Edition, Person, Prentice Hall.
Comments
Post a Comment